PENGERTIAN ROOM SERVICE

A.    PENGANTAR ROOM SERVICE
1.      Pengertian
Ada beberapa pendapat yang dikutip oleh beberapa penulis tentang pengertian room service yaitu:
- Bagian dari tata hidangan yang bertanggung jawab atas pesanan dan pelayanan makanan dan minuman untuk dihidangkan di kamar tamu dan juga di tempat lain di dalam hotel kecuali restoran.
(S. Medlik 1980 : 52-55)

- Bagian dari food and beverage service yang mengelola penjualan makanan dan minuman yang diantar langsung ke kamar tamu yang menginap di hotel.
(Endar Sugiarto & Sri Sulartiningrum ,1998)

- Salah satu bagian dari food and beverage department yang bertugas melayani para tamu yang menghendaki makan dan minum di dalam kamarnya.
(Marsum WA, 1993 : 343)

2. Fungsi
            a. Memberikan pelayanan makanan dan minuman bagi tamu hotel
            b. Meningkatkan laba atau keuntungan
            c. Menjaga reputasi atau nama baik hotel
Pada umumnya tamu yang memesan hidangan melalui room service terdapat beberapa kemungkinan antara lain:
-          Malas (honeymoon, malas bertemu banyak orang, dll)
-          Sakit
-          Tidak mempunyai waktu banyak
-          PrivasI
3. Karakteristik
  1. Waktu Operasional
Room service beroperasi selama 24 jam dengan tiga shift kerja, untuk melayani tamu yang memerlukan Breakfast, Lunch, Dinner dan Supper.
  1. Pelayanan
Makanan dan minuman dapat dipesan melalui telepon atau door knob menu (khusus untuk breakfast) dan seluruh pesanan diantar langsung oleh staf room service ke kamar tamu, lobby ataupun tempat lain didalam hotel selain di restoran dan bar
  1. Hidangan
Hidangan yang disediakan lebih lengkap, harga makanan dan minuman yang ditawarkan di room service lebih tinggi dibandingkan outlet lainnya. Hal ini disebabkan karena memerlukan peralatan - peralatan khusus serta pengantaran hidangan kekamar tamu / tempat lain yang diinginkan tamu.
  1. Staf Room Service
Struktur organisasi room service berbeda dengan restoran. Di room service di butuhkan staf order taker yang bertugas menerima dan mencatat pesanan tamu melalui telepon.
  1. Pengawasan Supervisi
Sistim pengawasan dalam pelayanan lebih sulit, sehingga diperlukan dokumen/ report dan sistim komunikasi yang dafat berfungsi untuk mengawasi pelayanan.
  1. Lokasi atau tata letak
Lokasi atau tata letak room service harus strategis, artinya dekat dengan dapur utama (main kitchen), area tempat pelayanan (service area), area tempat cuci piring (steward area), kasir serta elevator atau jalan menuju kamar tamu.

            Room service harus diatur dan di tata dengan baik agar opersinya dapat efesien. Untuk itu room service area harus memiliki :
-          Ruang tersendiri dengan udara segar, nyaman, ventilasi cukup atau kalau perlu pakai AC.
-          Beberapa buah telepon diatas meja yang siap berdering sewaktu menerima pesanan dari tamu
-          Rak-rak atau laci-laci tempat menyimpan peralatan seperti cutleries, serbet, supplies dan lain lain
-          Guest slip rack yaitu rak khusus untuk menempatkan guest slip/ data tamu dan working table untuk menempatkan tray sewaktu menata pesanan.

http://lpkartini.blogspot.co.id/2015/06/prosedur-elayanan-makan-di-kamar-room.html

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar