HUBUNGAN FOOD & BEVERAGE DEPARTEMENT DENGAN DEPARTEMENT LAIN

A.Front Office Department
Kerja sama ini sangat perlu terutama dalam pemberian keterangan tentang tamu-tamu Hotel, misalnya : jumlah tamu, kamar-kamar yang terpakai, tamu yang masuk atau keluar. Disamping itu juga didalam memberikan pesanan khusus, seperti tamu-tamu penting (VIP Guest), pemberian sesuatu dari pihak hotel kepada tamu tertentu (Complement).
B.   HouseKeeping Department
Disini lebih banyak menyangkut soal kebersihan dan pengadaan peralatan. Pada umumnya, Housekeeping bertanggung jawab dalam membersihkan lantai, pintu, jendela restaurant dan bar, termasuk juga dalam penyediaan pakaian dinas pegawai, linen (taplak meja, lap) dan bunga.
C.   Accounting Department
Kerja sama ini sangat erat sekali didalam menangani dan membuat laporan tentang hasil penjualan makanan dan minuman di restaurant danbar. Dalam hal pengawasan bahan-bahan makanan dan minuman yang diproduksi, memerlukan kerja sama yang teratur dan baik. Disamping itu, kerjasama dan saling pengertian ini juga diperlukan dalam pembayaran terhadap bahan-bahan makanan dan minuman kepada para penjual, dan juga dalam ketepatan pembayaran gaji pegawai.
D.   Engineering Department
Demi kelancaran jalannya operasi, perbaikan atas perabot (furniture)restaurant dan bar adalah sangat perlu. Disamping itu pengadaan dan pengawasan atau peralatan listrik yang digunakan baik di restaurantbar, dan dapur harus dilaksanakan dengan baik, sehingga dapat beroperasi semestinya.
E.    Purchasing Department (Store)
Bertanggung jawab atas seluruh barang, peralatan, perlengkapan, serta bahan kebutuhan yang diperlukan dalam pelaksanaan operasional Food and Beverage Product. Dalam pelaksanaannya perlu diperhatikan dalam memilih barang yang akan dibeli pastikan sesuai order (kualitas dan kuantitasnya) dan harganya. Gudang (store) atau bagian yang mengurusi tempat penyimpanan barang-barang yang sudah dibeli oleh pihakpurchasing. Sebelum barang-barang tersebut disimpan ke dalam storeharus dicek kembali kebenaran seluruh barang yang masuk apakah sesuai dengan orderannya atau tidak. Dalam penyimpanan harus diperhatikan tanda-tanda peringatan penyimpanan barang agar tidak mudah rusak dan harus dipilah-pilahkan berdasar macam dan jenisnya. Sehingga ketika kruFood and Beverage Product akan mengambil barang yang sudah tertera di skala , barang masih dalam keadaan baik dan siap pakai.
F.     Steward Department
Steward mempunyai tugas dan tangung jawab atas penyediaan alat kelengkapan yang menunjang operasional Food and Beverage Product,kebersihan area kitchen, peralatan dan perlengkapan yang digunakan kruFood and Beverage Product.
G.    Human Resources Department
Departemen ini berhubungan dengan Food and Beverage Product dalam hal mengurus masalah pengawasan penerimaan pegawai baru, pemberhentian pegawai dan masalah-masalah yang dihadapi pegawai yang berhubungan dengan hotel. 
H.   Marketing Department
Peranan marketing juga sangat penting bagi Food and Beverage Product,dengan adanya marketing maka hasil produk-produk hotel atau Food and Beverage Product khususnya dapat dipromosikan ke public. Sehingga bisa menarik konsumen untuk membeli produk kita atau untuk menambah kepuasan konsumen yang sudah membeli produk kita.
I.      Food and Beverage Service Department
Food and Beverage Service Department memiliki banyak section dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjalin hubungan baik agar tercipta pelayanan yang memuaskan bagi tamu hotel.
1)   Restaurant Section
Area terpenting dalam penjualan Food and Beverage Product, mengapa demikian karena dapat dibuktikan dengan banyaknya order yang diterima oleh Food and Beverage Product dan setiap section yang ada di Food and Beverage Product wajib memenuhinya. Selanjutnyarestaurant juga menyajikan menu-menu Food and Beverage Productseperti untuk breakfast, lunch, dan dinner yang tersaji dalam bermacam-macam menu lokal tradisional, Asia, dan Internasional (Western). Hubungan yang baik ini berfungsi untuk mengetahui berapa penjualan Food and Beverage Product, makanan apa yang disuka tamu dan lain sebagainya. Sehingga dalam pembuatan produk dapat dievaluasi tampilan, rasa, porsi, harga, dan lainnya.
2)   Room Service
Bertugas dan bertanggung jawab atas pelayanan pemesanan makanan dan minuman di dalam kamar selama 24 jam non stop dan Food and Beverage Product harus mampu menyediakan pesanan yang sesuai dengan menu yang dipilih oleh tamu, diharapkan dengan pelayanan ini tamu bisa merasa puas karena pelayanan hotel yang tidak berhenti yang dapat meningkatkan pendapatan hotel sendiri.
3)   Bar Service
Melayai tamu yang ada di bar, restaurant, maupun di poolside, walaupun kapasitasnya hanya menyediakan beverage dan snack saja namun kru kitchen harus siap membuatkan pesanan makanan ketika ada tamu yang memesan.
http://njaringilmu.blogspot.co.id/2017/08/hubungan-food-and-beverage-department.html 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar