BAGIAN - BAGIAN FRONT OFFICE DEPARTEMENT

Seksi seksi front office

          1.Receptionist
a.      Memberikan informasi kepada tamu.
b.      Melayani kebutuhan tamu  dalam hal surat menyurat, kunci kamar, hubungan telephondan transaksi pembayaran di hotel
c.       Melayani para tamu yang complain tentang fasilitas maupun pelayanan di hotel.
d.      Ikut mempromosikan dan menjual fasilitas lainnya di hotel.

          2.Reservation
a.      Menerima pemesanan kamar dari tamu secara perorangan atau individual, kelompok atau melalui travel agent dan memberikan komfirmasinya.
b.      Membuat ramalan atau perkiraan jumlah tamu atau penghuni kamar untuk suatu periode harian, mingguan, bulanan dan tahunan.
c.       Membuat daftar tamu yang akan datang secara harian (expected arrival list) yang individual, kelompok ataupun VIP.
  

          3.Uniform Service (Bell boy atau Concierge)
Tugas utamanya adalah memberikan pelayanan umum kepada tamu yang ada di lobby (check in, check out, order taxi, mengambil obat, menduplicat kunci, mengambil welcome drinkdan lain lain).

          4.Operator
a.      Memberikan pelayanan penyambungan telephone baik didalam kotainterlokal (city call, long distance call atau overseascall).
b.      Melayani permintaan wake up call.

          5.Information Clerk
Tugas utama dari seorang information clerk  adalah untuk memberikan informasi kepada tamu mengenai kota, tempat wisata yang terdekat maupun disekitar area yang cukup besar, tempat shopping, toko kerajinan traditional dan semua yang menyangkut daerah tersebut maupun daerah luar.

          6.Front cashier Clerk
Tugas dari seorang front cashier adalah membantu tamu untuk melakukan transaksi pembayaran bill kamar serta pemakain lainnya yang menyangkut tentang hotel.



Tugas pokok dan tanggung jawab keseluruhan

          Tugas pokoknya adalah:
1.      Mempersiapkan kedatangan tamu yang tiba pada saat itu
2.      Melaksanakan proses pendaftaran  pada saat tmu  itu tiba
3.      Mengkoordinasikan kepada department lain tentang kedatangan tamu termasuk jenis kamar,makanan dan minuman dan total pax
4.      Kadang kadang befungsi sebagai cashier sementara
5.      Melaksanakan proses keberangkatan tamu yang check out
6.      Mengkoordinasikan kepada department lain apabilah ada tamu pindah kamar

http://frontoffice-tourism-and-hotel.blogspot.co.id/2013/08/bagian-bagian-front-office-a.html

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar